Home » Perspective #1 – Essential Skills for Law Students

Perspective #1 – Essential Skills for Law Students

Halo, Kawan InspiraLaw!

Dalam menentukan masa depan, kita perlu banyak melakukan riset supaya tidak salah langkah — termasuk mengetahui informasi mengenai karakteristik dari jurusan yang nantinya akan kita pilih.

Kali ini InspiraLaw akan membantu kalian dengan memberikan gambaran mengenai skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Hukum, yang meliputi:

  1. Public Speaking merupakan kegiatan berkomunikasi secara langsung di muka umum dan berhadapan dengan banyak orang. Sebagai mahasiswa hukum, public speaking sangat diperlukan untuk perkuliahan maupun nanti ketika sudah memasuki dunia pekerjaan. Maka dari itu penting bagi kita untuk memulai belajar cara public speaking yang baik dan benar. Kalau kamu belum bisa, yuk belajar dari sekarang!
  2. Critical Thinking Berpikir kritis merupakan skill yang cukup esensial dalam dunia perkuliahan. Berpikir kritis merupakan fundamental yang kuat dalam menulis essay, makalah, dan legal review untuk mendapatkan berbagai sudut pandang serta pola pikir yang kritis. Yuk, mulai berpikir kritis dan asah pola pikirmu!
  3. Negotiations Skills, merupakan kemampuan untuk membuat sebuah kesepakatan antara beberapa pihak. Kemampuan ini sangatlah dibutuhkan terutama ketika membuat sebuah kontrak antara para subjek hukum. Kemampuan ini berguna agar tidak ada pihak yang dirugikan dalam sebuah perjanjian dan bisa mencapai keinginan yang sebanding antara parapihak
  4. Analytical Skills. Sebagai seorang mahasiswa hukum, membaca berlembar-lembar jurnal sudah menjadi makanan sehari-hari. Kebiasaan membaca itu akan sangat rancu apabila kita tidak memiliki kemampuan menganalisis bacaan dengan baik. Menganalisis berarti menginterpretasi, menafsirkan, dan menelaah dengan cerdas makna dari sebuah bacaan. Bekal ini sangat esensial mengingat seorang sarjana hukum akan selalu dihadapkan dengan analisis bacaan serta keadaan seperti naskah undang-undang dan berkas-berkas kasus di dunia kerja nanti.
  5. Writing Skills. Sebagai seorang mahasiswa hukum, kemampuan menulis yang baik sangatlah dibutuhkan. Di bangku kuliah nanti, mahasiswa hukum akan dihadapkan dengan berbagai tugas penulisan untuk mengaplikasikan kemampuan analisis kasus dan melatih cara berpikir logis. Selain itu, tata bahasa, diksi, dan kemampuan linguistik lainnya akan sekaligus mengasah kemampuan komunikasi yang krusial bagi setiap mahasiswa hukum agar bisa menyampaikan argumen dengan jelas.

Tentunya masih sangat banyak lagi kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki oleh calon sarjana hukum. Sebagai calon juris muda, hendaklah kita memperbanyak ilmu pengetahuan dan didampingi dengan mengasah kemampuan sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Bagaimana kawan InspiraLaw, apakah pengetahuanmu sudah bertambah hari ini? Share jika artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *